3 Cara Menggunakan SSH di Windows

Tutorial ini akan menunjukkan kepada Anda 3 cara untuk mendaftar Server Linux di Windows melalui SSH.

Apa itu SSH?

SSH singkatan dari Secure Shell, ditemukan pada tahun 1995 untuk menggantikan telnet (jaringan telekomunikasi) yang tidak aman. Sekarang metode utama bagi administrator sistem untuk masuk dengan aman ke server Linux jarak jauh melalui internet publik. Meskipun terlihat dan berfungsi sama seperti Telnet, semua komunikasi melalui protokol SSH dienkripsi untuk mencegah packet sniffing.

Jika Anda menggunakan komputer Linux atau Mac, klien SSH diinstal secara default. Anda dapat membuka jendela terminal dan menjalankan ssh Perintah seperti di bawah ini untuk terhubung ke server Linux dari jarak jauh.

ssh [email protected]

Sekarang mari kita bahas cara menggunakan SSH di Windows.

Metode 1: Klien SSH bawaan Windows 10

Tim Microsoft PowerShell memutuskan pada 2015 untuk mem-port OpenSSH (baik klien dan server) ke Windows. Akhirnya tiba di Fall Creator Update Windows 10 pada 2017 dan diaktifkan secara default pada pembaruan April 2018.

Untuk menggunakan klien OpenSSH di Windows 10, cukup buka jendela PowerShell atau Command Prompt dan jalankan ssh Memerintah. Misalnya, jika saya ingin terhubung ke desktop Ubuntu saya di LAN, saya akan menjalankannya

ssh [email protected]

linuxbabe adalah nama pengguna di desktop Ubuntu saya dan 192.168.0.101 adalah alamat IP pribadi untuk desktop Ubuntu saya. Saat Anda terhubung ke komputer Linux untuk pertama kalinya, Anda akan diminta untuk menerima kunci host. Kemudian masukkan kata sandi Anda untuk masuk. Setelah masuk, Anda dapat menjalankan perintah Linux untuk melakukan tugas administratif.

Perhatikan bahwa untuk menempelkan kata sandi ke jendela PowerShell, Anda harus mengklik kanan dan menekan Enter.

jendela ssh

Untuk keluar dari kotak Linux, jalankan exit perintah atau tekan Ctrl+D.

Ukuran font default di jendela PowerShell sangat kecil. Untuk mengubahnya, klik kanan pada bilah judul dan pilih propertiesmaka Anda dapat mengubah ukuran font dan warna latar belakang.

windows powershell mengubah ukuran font dan latar belakang

Metode 2: Gunakan SSH di Subsistem Windows untuk Linux

Subsistem Windows untuk Linux (WSL) memungkinkan Anda menjalankan alat baris perintah Linux asli langsung di Windows 10. Jika Anda seorang sysadmin, WSL mungkin berlebihan untuk menggunakan SSH karena akan menginstal dan menjalankan distro Linux (tanpa antarmuka pengguna grafis) di desktop Windows 10 Anda. WSL dirancang untuk pengembang web atau mereka yang perlu mengerjakan proyek sumber terbuka. Selain SSH, Anda dapat menggunakan alat baris perintah Linux lainnya (bash, sed, awk, dll.).

Buka Microsoft Store dan masuk WSL di bidang pencarian. Memilih Run Linux on Windows dan instal distribusi Linux pilihan Anda.

wsl subsistem Windows untuk Linux

Saya memilih misalnya Ubuntu dan klik Get tombol untuk menginstalnya.

Subsistem Windows Ubuntu untuk Linux

Setelah distribusi Linux Anda diinstal, buka Control Panel dan pilih Programs -> Turn Windows features on or off. Pilih kotak centang Subsistem Windows untuk Linux untuk mengaktifkan fitur ini. (Anda mungkin perlu me-restart PC Windows Anda agar perubahan ini diterapkan.)

Selanjutnya, Anda dapat memulai distro Linux dari menu mulai dengan mencari nama distro. Saat pertama kali memulai, Anda perlu membuat pengguna dan menyetel kata sandi.

ssh jendela 10

Setelah itu, Anda dapat menggunakan perintah ssh seperti di bawah ini untuk terhubung ke server Linux atau PC yang menjalankan server SSH.

ssh [email protected]

Metode 3: Gunakan Putty

Putty adalah klien SSH yang terkenal dan paling populer di Windows sebelum pengenalan klien Windows OpenSSH dan subsistem Windows untuk Linux. Untuk menggunakan SSH dengan Putty, Anda harus Unduh program Putty dari situs web resmi dan menginstalnya.

Mulai Putty dari menu Mulai. Kemudian masukkan alamat IP atau nama host dari kotak Linux dan klik Open tombol untuk terhubung.

baris perintah ssh windows

Terima kunci host dan Anda akan diminta memasukkan nama pengguna dan kata sandi.

baris perintah ssh windows 10

Harap perhatikan bahwa kursor tidak bergerak saat Anda memasukkan kata sandi, kursor sebenarnya menerima kata sandi Anda. Untuk menempelkan teks ke dalam Putty, tekan terlebih dahulu Ctrl+C Untuk menyalin teks, buka jendela dempul dan tekan tombol kanan mouse.

Cara mengatur kunci SSH di Windows 10 (opsional)

Ada dua cara utama untuk mengautentikasi login pengguna ke server OpenSSH:

  • Otentikasi kata sandi
  • Otentikasi Kunci Publik: alias masuk SSH tanpa kata sandi karena Anda tidak perlu memasukkan kata sandi Anda.

Ikuti petunjuk di bawah ini untuk menyiapkan autentikasi kunci publik di Windows 10.

Buka Windows Powershell dan jalankan perintah berikut untuk membuat pasangan kunci SSH.

ssh-keygen -t rsa -b 4096

Di mana:

  • -t berdiri untuk type. Perintah di atas menghasilkan pasangan kunci bertipe RSA. RSA adalah tipe default.
  • -b berdiri untuk bits. Secara default, panjang kuncinya adalah 3072 bit. Kami menggunakan kunci 4096-bit untuk keamanan yang lebih kuat.

Ketika ditanya file mana yang akan disimpan kuncinya, Anda cukup menekan Enter untuk menggunakan file default. Selanjutnya, Anda dapat memasukkan frasa sandi untuk mengenkripsi kunci pribadi, tetapi Anda harus memasukkan frasa sandi ini setiap kali masuk ke server Linux. Jika Anda tidak menginginkannya, Anda dapat menekan Enter agar tidak mengandung kata sandi.

jendela kunci SSH
  • Kunci pribadi (identifikasi Anda) disimpan di .ssh/id_rsa file di direktori pengguna Anda.
  • Kunci publik disimpan di .ssh/id_rsa.pub Mengajukan.

Sekarang kita perlu mengunggah kunci publik ke server Linux jarak jauh. Dengan perintah berikut, Anda dapat menampilkan kunci publik di Powershell.

cat .ssh/id_rsa.pub

Kemudian masuk ke server Anda menggunakan otentikasi kata sandi dan jalankan perintah berikut untuk membuat file .ssh direktori di bawah direktori home Anda.

sudo mkdir ~/.ssh

Buat file authorized_hosts.

sudo nano ~/.ssh/authorized_keys

Salin dan tempel kunci publik SSH Anda ke dalam file ini. Simpan dan tutup file. Untuk menyimpan file di editor teks nano, tekan Ctrl+Olalu tekan Enter untuk mengkonfirmasi. Untuk menutup file, tekan Ctrl+X.

Selanjutnya, ubah izin file ini.

sudo chmod 600 ~/.ssh/authorized_keys

Logout dari server Linux Anda.

exit

Sekarang Anda dapat mengakses server Anda melalui SSH tanpa memasukkan kata sandi.

Langkah berikutnya

Saya harap artikel ini membantu Anda menggunakan SSH di Windows. Anda mungkin juga ingin melindungi layanan SSH dari peretas. Saya merekomendasikan pengaturan autentikasi kunci publik atau autentikasi dua faktor.

Anda juga dapat mengaktifkan pembaruan keamanan otomatis di server Linux Anda untuk menambal kerentanan.

Jika Anda ingin akses FTP ke server Ubuntu, Anda dapat menyiapkan server FTPd murni.

Sumber : https://www.linuxbabe.com/linux-server/ssh-windows